News
Welcome to Insysenco Indonesia
Tutorial Service Private Project Oil & Gas
MDS SP3D PDMS SPPID AutoCAD Static Equipment

SPOOLGEN PIPING SOFTWARE

SPOOLGEN PIPING SOFTWARE
Setelah proses produksi Isometric baik menggunakan PDMS atau SP3D biasanya akan dilanjutkan dengan proses piping spool atau yang sering disebut dengan spool drawing, merupakan gambar potongan-potongan pipa isometric yang biasanya digunakan untuk acuan gambar fabrikasi. Jadi tahap spooling merupakan tahap fabrikasi setelah engineering design yang sangat penting dilakukan sebelum proses fabrikasi. Nah oleh karena itu ada baiknya kita mengenal apa itu proses spooling (pemotongan) dengan software Spoolgen.
Dalam tahap engineering, produk yang dihasilkan adalah sampai dengan tahap isometric drawing, piping plan saja. Dan setelah tahap engineering selesai maka tahap selanjutnya yaitu tahap fabrikasi. Pada tahap ini, isometric drawing  yang sudah dibuat dengan PDMS/SP3D akan dikembangkan menjadi spool piece drawing

Spoolgen merupakan salah satu software yang dapat mengenerate isometric drawing menjadi spool piece drawing, berikut tampilannya.
Sample Spooling By Spoolgen
Spoolgen Software

Dua type files isometric yang bisa diterima oleh spoolgen yaitu :
  1.  Isogen Data File (IDF) : merupakan data files yang dihasilkan oleh software PDMS & PDS.
  2.  Piping Component File (PCF) : merupakan data file yang dihasilkan dari Smart 3D, Smartplant Isometric.
Berikut simple work flow tahap spoolgen :

IDF (PDMS) /PCF (Smart 3D) yang dihasilkan dari 3D design software kemudian di lanjutkan ke proses SPOOLGEN untuk diidentifikasi atau pemberian Field/Shop marking yang di sesuaikan oleh standard spooling procedure marking. Kemudian hasil dari SPOOLGEN yaitu isometric drawing, spool piece drawing, report yang nantinya akan dipergunakan untuk proses pada fabrikasi.

Nah itu tadi beberapa penjelasa singkat apa itu spoolgen yang nantinya sangat berguna dalam sebuah proyek oil and gas semoga menambah wawasan.

Jika Anda membutuhkan service spooling sebuah proyek dari isometric baik PDMS / SP3D  bisa menghubungi kami.

2 komentar :

  1. Keren niy infonya,
    kalo hasil design piping dari PDMS bisa langsung di export ke SolidWorks gak yaa Om?

    thanks before,

    BalasHapus
  2. Kalau teklastructure bisa gak ya utk pengerjaan piping?

    BalasHapus

Copyright insysenco 2015