News
Welcome to Insysenco Indonesia
Tutorial Service Private Project Oil & Gas
MDS SP3D PDMS SPPID AutoCAD Static Equipment

Piping and Instrumentation Diagram (P&ID)

Piping and Instrumentation Diagram (P&ID)
Piping and Instrumentation Diagram (P&ID) adalah merupakan sebuah diagram yang menggambarkan alur / flow sebuah sistem proses dimana mencakup jalur pipa, Instrumen, equipment, valve, reducer, drain, vent, dan lainnya. Dimana seorang designer piping akan mengacu pada P&ID ini dalam mendisain sebuah jalur pipa dalam penggunaan software baik PDMS atau SP3D, karena dengan P&ID ini semua alur diatur sehingga mempermudah untuk menghubungkan antar equipment (tanki, pompa, dan lainnya) menggunakan pipa-pipa yang dalam jumlah sangat banyak sehingga mengurangi resiko human error.
Nah untuk lebih jelas mengenai P&ID dalam sebuah konsep design piping maka sebaiknya kita perhatikan tiap bagian yang sudah tertera dalam P&ID yang akan kami uraikan sebagai berikut.
P&ID merupakan detail alur proses sebuah plant, dimana secara detail sudah tertera komponen sebagai berikut :
  • Instrumentation
  • Mechanical Equipment dengan tag number
  • Line numbers
  • Ukuran piping
  • Valves & Fitting
  • Flow Direction
Nah dari beberapa komponen tersebut dapat Anda lihat lebih jelas dengan salah satu contoh P&ID dibawah ini.
Contoh P&ID Piping and Instrumentation Diagram
Contoh Piping and Instrumentation Diagram (P&ID)

Detail Drawing Mechanical


Kegunaan dari P&ID tersebut adalah agar team engineeringkhususnya mechanical department dapat membayang atau terbesit dalam pikiran mereka seperti apa bentuk equipment yang akan dibutuhkan team proses, sehingga perencanaan pembuatan equipment dan komponen lain dapat tergambarkan sehingga lebih mudah untuk di kerjaan.
Dari informasi P&ID juga, team mechanical bisa menghitung kalkulasi kekuatan dan berapa ketebalan plat yang dibutuhkan sesuai kebutuhan yang di inginkan. Dimana team mechanical akan menghitung, mendesign, bahkan sampai tahap fabrikasi, Dengan adanya gambar equipment untuk fabrikasi yang sangat detail maka sangat mempermudah pekerjaan dilapangan nantinya.

Berikut salah satu sample detail drawing equipment.

sample detail drawing equipment
Sample detail drawing equipment
Hasil 3D Modeling

Dari detail gambar equipment tersebut maka designer atau modeler dapat mensimulasikan dalam bentuk 3D (baik menggunakan software Cad 3D, PDMS atau software SP3D). Dan dengan data dari mechanical tersebut kita bisa membuat gambar tersebut persis dengan bentuk aslinya.

Catatan: Tujuan mensimulasikan 2D drawing dalam bentuk 3D adalah untuk mempermudah modeler/designer dalam mendesign suatu plant dalam bentuk 3D sehingga lebih mudah dipahami dan mudah dibayangkan.
Contoh Equipment 3D
Contoh Equipment 3D 
Nah itu tadi sekilas mengenai Piping and Instrumentation Diagram (P&ID) semoga bermanfaat dan berguna bagi pemula yang ingin belajar ilmu design piping oil & gas. Jika Anda memiliki pertanyaan silahkan tinggalkan pada kolom komentar.

2 komentar :

  1. Thanks for the info! I have also found a great P&ID Tutorial (Piping and Instrumentation Diagram) using Lucidchart and it is very easy to use! Check it out!

    BalasHapus
  2. Terima kasih.., saya terbantu dengan penjelasan singkat ini.

    BalasHapus

Copyright insysenco 2015