News
Welcome to Insysenco Indonesia
Tutorial Service Private Project Oil & Gas
MDS SP3D PDMS SPPID AutoCAD Static Equipment

TIPE-TIPE SAMBUNGAN / JOINT

TIPE SAMBUNGAN / JOINT
Sebelum melangkah untuk membuat nozzle dengan PDMS atau SP3D Anda wajib mengetahui tipe-tipe sambungan dimana dalam sebuah jalur pipa pastinya tidak lepas dari namanya sambungan atau joining. Baik sambungan antar pipa atau sambungan pipa dengan equipment (nozzle) nah oleh karena itu mari kita melihat sekilas jenis-jenis sambungan yang nantinya banyak di gunakan dalam proyek onshore atau offshore.  
Berikut tipe-tipe sambungan :

1. Sambungan tipe Butt-Welded.
Teknik butt-welded adalah jenis penyambungan dengan las dimana pada sisi ujung pipa dibuat chamfer atau dipotong miring terlebih dahulu sebelum dilakukan penyambungan atau joining.

Sambungan type Butt-Welded
Sambungan tipe Butt-Welded

2. Sambungan tipe Socket-Welded.
Tipe socket welded adalah teknik penyambungan dimana ujung pipa yang ingin disambung pada permukaannya dibuat datar kemudian sistem penyambungannya dilakukan dengan sistem shock /dimasukkan kedalam sebuah komponen sebelum dilakukan penyambungan.

Sambungan tipe Socket-Welded
Shock Welded

Tabel stadart Shock Welded
Tabel stadart Shock Welded


3. Sambungan  tipe Threaded / Drat.
Teknik penyambungan threaded atau drat dilakukan dengan cara membuat ulir atau yang sehari-hari sering disebut dengan tipe drat

Penyambungan Threaded/drat
Penyambungan Threaded/drat


4. Sambungan tipe Flange.
Sambungan tipe flange berarti sambungan ini menggunakan bolt & nut. Dimana permukaan flange dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu RF (Raised Face), FF (Flat Face) dan RTJ (Ring Type Joint) untuk lebih detail lihat gambar.

Tipe sambungan Flange
Tipe sambungan flange

Pembagian Rating/Class pada flange.
Rating/class Flange yang sering dipakai  Class 150#, 300#, 600#, 900#, 1500#


Nah itu tadi sekilas mengenai tipe-tipe sambungan atau joining semoga bermanfaat, jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Copyright insysenco 2015