News
Welcome to Insysenco Indonesia
Tutorial Service Private Project Oil & Gas
MDS SP3D PDMS SPPID AutoCAD Static Equipment

CARA MEMBUAT PIPA SLOPE DENGAN PDMS

Cara membuat pipa slope dengan PDMS
Tutorial kali ini adalah cara membuat pipa slope dengan PDMS yang caranya berbeda dengan membuat pipa slope dengan program SP3D, Dalam membuat pipa slope dengan PDMS biasanya beberapa pipa yang membutuhkan adalah pipa-pipa drain (open drain and close drain), flare header dan lainnya. Oleh karena itu berikut salah satu cara belajar membuat pipa slope dengan PDMS meskipun masih banyak cara yang lain.

Langkah pertama untuk membuat pipa slope pastikan pipa sudah di routing/ di susun dengan dengan benar.

Sebagi contoh : Berikut kami berikan sebuah equipment dengan pipa yang terkoneksi ke nozzle. Pipa yang terhubung dengan equipment ini awalnya masih lurus/tidak miring (slope) bisa kita lihat tampak dari sectionnya (pic.1).

Pipa belum miring / belum di slope
Pic .1 Pipa belum miring / belum di slope

Begitu juga tampak dari extract isometriknya pipa juga tampak masih lurus /belum slope (pic.2).
 Isometric sebelum slope
Pic.2 Isometric sebelum slope

Nah untuk membuat pipa slope dengan PDMS caranya silahkan arahkan kursor Anda dan pilih pada posisi branch (pic.3), karena untuk melakukan slope PDMS bisa menjalankan per branch.

Posisi branch yang akan di slope
Pic.3 Posisi branch yang akan di slope

Kemudian silahkan pilih menu pada tool bar Modify >> Slope maka akan muncul text box untuk pengaturan berapa perbandingan slope (pic.4) yang di inginkan, misal 1:100 , 1:50 dan lainnya. Dalam hal pengaturan perbandingan slope pada PMDS akan berbeda dengan system pembuatan pipa slope dengan software SP3D. Maksud dari perbandingan slope pada PDMS 1:100 berarti setiap panjang 1  pipa maka pipa tersebut miring setinggi 0.01m (10mm).

Cara membuat pipa slope dengan PDMS
Pic.4 pengaturan perbandingan slope

Nah setelah mengatur perbandingan slope pipa yang diinginkan, Klik OK selanjutnya akan muncul pemilihan text box untuk arah slope pilih “YES” untuk arah naik atau “NO” untuk turun (Pic. 5)

Cara membuat pipa slope dengan PDMS
Pic.5 Arah slope UP/Down

Kemudian akan muncul pesan error (pic 6.) yang sebenarnya adalah warning perubahan angle pada elbow karena adanya  slope, original elbow sesuai spek standart memiliki angle 90 dan biasanya karena slope angel elbow berubah menjadi kurang / lebih dari 90◦.

Cara membuat pipa slope dengan PDMS
Pic.6 warning perubahan angle elbow

Nah setelah berhasil membuat pipa slope dengan PDMS mari kita cek pada isometric apakah berhasil atau tidak, jika pipa berhasil kita slope maka akan muncul symbol segitiga dan muncul keterangan 1:100 dekat dengan segitiga tersebut tetapi kadang juga slope dimunculkan dengan symbol segitiga dan keterangan Fall 0.5◦ (pic.7)

Isometrik pipa slope
Pic.7 Isometrik pipa slope

Begitu juga pada model kita lihat sectionnnya dan tampak pipa terlihat sudha miring/slope itu menandakan Anda berhasil membuat pipa slope dengan PDMS (pic.8)

Pipa tampak miring/slope
Pic.8 Pipa tampak miring/slope


Nah itu tadi sedikit tutorial cara membuat pipa slope dengan PDMS dan cara ini tidak sama dengan membuat slope dengan software SP3D jadi pastikan Anda memahami cara membuat pipa slope pada PDMS dahulu dan selamat mencoba, semoga sukses. Jika Ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Copyright insysenco 2015